Presiden Jokowi Geram Banyak Instansi Gemar Produk Impor, LKPP Lakukan Ini untuk UMKM

- 26 Maret 2022, 22:40 WIB
Presiden Perintahkan Para Menteri Kurangi Pengadaan Barang Impor
Presiden Perintahkan Para Menteri Kurangi Pengadaan Barang Impor /setkab

 


BANJARNEGARAKU - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri, kepala lembaga, hingga kepala daerah untuk mengurangi pengadaan barang impor dan mendorong penggunaan barang-barang dalam negeri serta UMKM dalam pengadaan barang.

Hal ini disampaikan Jokowi pada arahannya pada acara arahan Presiden kepada Menteri, Kepala Lembaga, dan Kepala Daerah dan Badan Usaha Milik Negara tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia, di Hotel Grand Hyatt Nusa Dua, Bali, Jumat 25 Maret 2022.

Presiden Jokowi Geram pada instansi-instansi yang mengimpor produk-produk yang sebenarnya bisa dibuat di Indonesia.

Baca Juga: Business Matching Meriahkan Gebyar UMKM Banjarnegara, Begini Selengkapnya

Jokowi sedih, anggaran instansi yang besar malah banyak digunakan untuk membeli barang impor, dan sedikit yang dialokasikan membeli produk dalam negeri.

Jokowi memerintahkan agar mendorong UKM di daerah untuk segera masuk ke E-Katalog dan jangan dipersulit dengan segala aturan birokrasi.

Menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP) melakukan langkah terobosan untuk semakin memudahkan pelaku usaha masuk ke dalam sistem e-Katalog.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Dinas Pertanian Purbalingga Lakukan Pemantauan Peredaran Daging

E-Katalog sendiri adalah aplikasi belanja online yang disediakan LKPP untuk menyediakan berbagai macam produk yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: lkpp.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah