Jelang Musim Tanam, Petani Didorong Update Data dan Masuk e-RDKK untuk Dapat Pupuk Subsidi

- 25 Agustus 2022, 11:40 WIB
Ilustrasi: Jelang Musim Tanam, Petani Didorong Update Data dan Masuk e-RDKK untuk Dapat Pupuk Subsidi
Ilustrasi: Jelang Musim Tanam, Petani Didorong Update Data dan Masuk e-RDKK untuk Dapat Pupuk Subsidi /Dok PT Pupuk Indonesia (persero)

BANJARNEGARAKU.COM - Petani di dorong untuk selalu memperbaharui data atau mengupdate kondisi terkini dan memastikan namanya sudah tercantum di RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok).

Budidaya tanaman padi sawah tidak dapat lepas dari sarana produksi (saprodi) pertanian.

Pupuk subsidi, misalnya, salah satu saprodi yang menjadi momok bagi petani saat musim tanam tiba.

Baca Juga: Menyoal Harga Telur Mahal dan Langka, Ketua Asosiasi Peternak Ayam Petelur Rakyat Banjarnegara Jelaskan Ini...

Betapa tidak? Selain harga yang melambung tinggi, pupuk subsidi juga menjadi barang langka yang diburu petani saat olah lahan pada setiap musim tanam.

Persoalan klasik ini menjadi perhatian tersendiri bagi Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara.

Salah satu diantaranya terus berupaya untuk memastikan ketersediaan pupuk lengkap, sehingga bisa melayani penebusan pupuk bersubsidi, baik menggunakan kartu tani maupun secara manual, yakni menggunakan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan rekomendasi dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) ditingkat kecamatan.

Baca Juga: Sepuluh Profesi yang Dilarang Menjadi Anggota Parpol, Salah Satunya ASN

Hal ini sebagaimana diungkapkan Suparman, SP, Kepala Bidang Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara, baru-baru ini.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x