Tol Cisumdawu Diresmikan, Begini Kisaran Tarifnya

- 11 Juli 2023, 22:06 WIB
Presiden Joko Widodo, Selasa 11 Juli 2023 meresmikan Jalan Tol Cisumdawu, di mulut terowongan kembar atau twin tunnel di ruas KM 169, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang.
Presiden Joko Widodo, Selasa 11 Juli 2023 meresmikan Jalan Tol Cisumdawu, di mulut terowongan kembar atau twin tunnel di ruas KM 169, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang. /Foto: Humas Setkab/Rahmat/

BANJARNEGARAKU.COM - Tol Cisumdawu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa, 11 Juli 2023.

Dilansir dari laman resmi Presiden, tol yang memiliki dua trowongan kembar atau twin tunnel yang memiliki panjang 472 meter ini, menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun dan memiliki panjang 61,6 kilometer.

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan bahwa Tol Cisumdawu ini difungsikan untuk mendukung operasional Bandara Kertajati.

Baca Juga: Mulai 2024 BPJPH Berlakukan Semua Produk Wajib Bersertifikat Halal, Catat Syaratnya!

Basuki mengatakan, Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) sepenuhnya terhubung dengan Jalan Tol Cikopo - Palimanan dan Bandara Kertajati.

"Tol Cisumdawu sudah terkoneksi dengan Tol Cikopo - Palimanan (Cipali) dan Bandara Kertajati. Saya sebelumnya sudah menjajal Jalan Tol Cisumdawu dari Kertajati," kata Basuki dikutip Banjarnegaraku.com dari Antara.

Setelah diresmikan hari ini, rencananya Tol Cisumdawu akan diuji coba secara gratis selama 2-3 minggu.

Baca Juga: Mencapai 100 Juta Pengguna, Threads Meta Menyalip ChatGPT sebagai Platform Baru dengan Pertumbuhan Tercepat

"Kira-kira 2-3 minggu uji coba gratis, tapi tergantung Standar Penilaian Minimum atau SPM-nya. Biasanya secara Standar Operasional Prosedurnya 2 minggu setelah jalan tol diresmikan baru bisa dikenakan tarif," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ali A

Sumber: presidenri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah