Ditutup 4 Oktober 2023, TikTok Shop Stop Jualan

- 4 Oktober 2023, 09:08 WIB
Ilustrasi tik tok shop
Ilustrasi tik tok shop /afif/

BANJARNEGARAKU.COM - TikTok akan menutup layanan e-commerce yang dimilikinya yaitu TikTok Shop pada 4 Oktober 2023. Dengan demikian TikTok stop jualan online.

Hal ini dilakukan TikTok untuk menghormati dan mematuhi hukum yang berlaku di Indonesia. Sebelumnya, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE) mengganti Permendag Nomor 50 Tahun 2020.

Baca Juga: Hasil Survei Bacapres Pikiran Rakyat: Anies 47 Persen, Prabowo 29 Persen, Ganjar 17 Persen

Bukan hanya TikTok, media sosial dilarang untuk merangkap sebagai e-commerce. Media sosial hanya boleh digunakan untuk promosi tanpa ada fitur belanja langsung di media sosial tersebut. Hal itu tertulis pada pasal 21 ayat 3 yang menegaskan PPMSE dengan model bisnis social commerce dilarang untuk memfasilitasi transaksi pembayaran dalam sistem elektroniknya.

Model bisnis yang merangkapkan media sosial dengan e-commerce sekaligus populer disebut social commerce. Mode bisnis ini dianggap merugikan karena diniai melakukan predatory pricing. Selain itu, social commerce bisa menarik data preferensi penggunanya dengan mudah untuk 'menyerang' penggunanya untuk meakukan transaksi langsung.

Secara tidak sadar algoritma media sosial mengarahkan calon pembeli sesuai dengan preferensinya. Ketika Anda scroling media sosial yang disuguhkan adalah 'for you page', Fyp pada masing-masing orang akan berbeda-beda sesuai preferensi atau minat pengguna. Dengan kemampuan membaca minat dari penggunanya, media sosial mengarahkan pengguna untuk langsung bertransaksi di media sosial tersebut. Itulah yang membuat social commerce dilarang di indonesia.

Baca Juga: Berlangsung di Hetero Space Purwokerto, IPDA Indonesia Adakan Pelatihan Branding dan Marketing UMKM

Lantas, bagaimana nasib kurang lebih 13 juta pengguna TikTok setelah menutup layanan social commerce TikTok Shop? Diperkirakan sekitar 13 juta pengguna TikTok terdiri atas enam juta penjual dan tujuh juta kreator kehilangan peluang untuk meraih cuan dari platform TikTok.

Halaman:

Editor: Dimas D. Pradikta

Sumber: Portal Pekalongan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x