Terungkap! Double Track Bandung-Cicalengka Hanya demi Kecepatan Bukan Keselamatan, Harus Ada Solusinya...

- 7 Januari 2024, 14:19 WIB
Terungkap! Double Track Bandung-Cicalengka Hanya demi Kecepatan Bukan Keselamatan, Harus Ada Solusinya...
Terungkap! Double Track Bandung-Cicalengka Hanya demi Kecepatan Bukan Keselamatan, Harus Ada Solusinya... /Antara/

BANJARNEGARAKU.COM - Harus ada solusinya, mengingat adanya tragedi tabrakan KA Turangga-KA Lokal Bandung Raya terjadi di jalur tunggal antara Stasiun Haurpugur dan Stasiun Cicalengka pada Jumat, 5 Januari 2023 pagi.

Melihat adanya tragedi maut itu, ada kabar isu keselamatan dan proyek pengembangan Double Track (jalur ganda) pun muncul. Pada jalur kecelakaan kedua kereta tersebut, pemerintah, melalui Kementerian Perhubungan, sebenarnya sedang menjalankan pembangunan jalur ganda kereta.

Baca Juga: Gerindra Gencar Lakukan Safari Politik, Tragetkan Prabowo-Gibran Raih 65 Persen Suara di Jabar...

Dikutip banjarnegaraku.com dari Pikiran-Rakyat.com, Namun dalam berbagai kesempatan, otoritas perhubungan menyebut proyek jalur baru kereta itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pengguna kereta, yaitu dengan memangkas waktu tempuh. Aspek keselamatan tidak pernah disebut sebagai tujuan utama pembangunan jalur ganda tersebut.

Dari isu yang muncuat yakni pada Februari 2022, Direktur Prasarana Perkeretaapian di Kemenhub, Harno Trimadi, menyebut proyek jalur ganda itu akan memperpendek waktu tempuh dan berpotensi meningkatkan jumlah penumpang hingga 25 persen.

"Keberadaan jalur ganda memangkas waktu tempuh dari jalur Bandung-Cicalengka yang selama ini menghabiskan waktu 43 menit. Diharapkan dengan pembangunan double track ini, bisa ditempuh dalam waktu 30 menit," ujar Harno saat itu.

Baca Juga: Dukung Kebijakan Anies Baswedan, PKS Tekankan Pentingnya Kemenangan di Legislatif...

Dan akhirnya pada bulan Desember lalu, Harno divonis lima tahun penjara dalam kasus suap pengerjaan perbaikan perlintasan kereta sebidang di Jawa dan Sumatera tahun anggaran 2022.

Tabrakan KA Turangga-KA Lokal Bandung Raya: Ada yang Tengkurap, Ada yang Terlempar

Jika melihat rekaman video yang beredar di media sosial, tabrakan tersebut menyebabkan beberapa gerbong keluar dari rel, dan ada pula yang terangkat.

Halaman:

Editor: Dian Sulistiono

Sumber: Pikiran-Rakyat.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x